Kata Maaf Untukku dan Untukkmu



Kata maaf merupakan kata yang selalu kita dengar dan memiliki arti yang sangat mendalam. Jika kata maaf diucapkan maka kita atau orang lain sudah melakukan kesalahan. Sebagai manusia yang tidak sempurna, kita pasti pernah melakukan kesalahan dan orang lain juga pernah bersalah terhadap kita. Kalimat "Aku minta maaf" dan "Aku sudah memaafkan" tentu sangat sulit kita ucapkan. Cerita di bawah ini akan menjelaskan tentang seseorang yang sembuh karena sudah minta maaf dan memaafkan.

Greg Anderson mengetahui bahwa kanker yang dideritanya dapat merenggut hidupnya dalam waktu 30 hari ke depan. Mengetahui bahwa masa hidupnya mungkin tak akan lama lagi, ia mungkin pernah melakukan kesalahan atau salah berucap sehingga menyakiti hati orang. Ia menulis daftarnya, lalu memutuskan meminta maaf, bahkan mengampuni orang yang selama ini sudah melakukan kesalahan terhadap dirinya. Lalu apa yang terjadi? Sebulan berlalu, sampai bertahun-tahun Greg tetap hidup. Bagaimana bisa? Ternyata tindakan melepaskan pengampunan itulah yang menjadi titik balik kesembuhannya.
Dari cerita di atas kita dapat menyimpulkan bahwa meminta maaf dan memberi maaf dapat memberi dampak pada kesehatan kita. Hal tersebut karena orang yang mengakui kesalahan dan bersedia berkata maaf akan memiliki hati yang tenang dan damai, tidak ada apapun yang mengganjal di hati. Orang yang berkata "Saya memaafkanmu" akan memberi dampak seakan beban berkilo-kilo yang selama ini begitu membebani langsung terangkat. Kita harus mulai meminta dan memberi maaf kepada orang lain, agar hidup kita tenang dan damai.

Hasil gambar untuk forgive and forgiveness

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh-Contoh Kasus Pembelajaran Klasik,Operan, dan Kognitif Dalam Kehidupan Sehari-hari

Psikologi Pendidikan tentang Metode Belajar dan Usia Anak

Psikologi Pendidikan : Pendekatan Behavioral dan Kognitif Sosial (Resume 1)